Sabtu, 16 Juli 2011

wat ni Lampung



sejarah provinsi lampung 
Provinsi Lampung memiliki luas 35.376,50 km² dan terletak di antara 105°45′-103°48′ BT dan 3°45′-6°45′ LS. Daerah ini di sebelah barat berbatasan dengan Selat Sunda dan di sebelah timur dengan Laut Jawa. Beberapa pulau termasuk dalam wilayah Provinsi Lampung, yang sebagian besar terletak di Teluk Lampung, di antaranya: Pulau Darot, Pulau Legundi, Pulau Tegal, Pulau Sebuku, Pulau Ketagian, Pulau Sebesi, Pulau Poahawang, Pulau Krakatau, Pulau Putus, dan Pulau Tabuan. Ada juga Pulau Tampang dan Pulau Pisang di yang masuk ke wilayah Kabupaten Lampung Barat.
Keadaan alam Lampung, di sebelah barat dan selatan, di sepanjang pantai merupakan daerah yang berbukit-bukit sebagai sambungan dari jalur Bukit Barisan di Pulau Sumatera. Di tengah-tengah 
 merupakan dataran rendah. Sedangkan ke dekat pantai di sebelah timur, di sepanjang tepi Laut Jawa

RUMAH ADAT




Rumah tradisional adat Lampung memiliki kekhasan seperti: berbentuk panggung, atap terbuat dari anyaman ilalang, terbuat dari kayu dikarenakan untuk menghindari serangan hewan dan lebih kokoh bila terjadi gempa bumi, karena masyarakat lampung telah mengenal gempa dari zaman dahulu dan lampung terletak di pertemuan lempeng asia dan australia rumah ini disebut rumah SESAT.
TAPIS




Tapis Lampung termasuk kerajian tradisional karena peralatan yang digunakan dalam membuat kain dasar dan motif-motif hiasnya masih sederhana dan dikerjakan oleh pengerajin. Kerajinan ini dibuat oleh wanita, baik ibu rumah tangga maupun gadis-gadis (muli-muli) yang pada mulanya untuk mengisi waktu senggang dengan tujuan untuk memenuhi tuntutan adat istiadat yang dianggap sakral. Kain Tapis saat ini diproduksi oleh pengrajin dengan ragam hias yang bermacam-macam sebagai barang komoditi yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi



Icon wisata Lampung




Pertama yang menjadi icon Lampung yaitu Way kambas Pusat latihan gajah ini didirikan pada tahun 1985. Gajah-gajah liar yang dilatih di Pusat Latihan Gajah (9 km dari pintu gerbang Plang Ijo) dapat dijadikan sebagai gajah tunggang, atraksi, angkutan kayu dan bajak sawah. Pada pusat latihan gajah tersebut, dapat disaksikan pelatih mendidik dan melatih gajah liar, menyaksikan atraksi gajah main bola, menari, berjabat tangan, hormat, mengalungkan bunga, tarik tambang, berenang dan masih banyak atraksi lainnya



GUNUNG KRAKATAU


Gunung Krakatau dengan segenap pesona dan misteri alamnya yang sedemikian rupa, cukup alasan kiranya mengapa kawasan Gunung Krakatau dan sekitarnya senantiasa mengundang minat orang untuk berkunjung ke sana, baik para wisatawan yang hanya sekadar untuk bertamasya atau mencari inspirasi maupun kalangan ilmuwan yang datang dalam rangka penelitian bagi pengembangan ilmu pengetahuan.


Menara Siger



Menara Siger dibangun dengan memperhatikan ciri khas Lampung. Di sekitar tugu dibangun ruang-ruang yang menampilkan budaya Lampung serta sarana-prasarana pariwisata. Sebagai tugu di ujung Pulau Sumatera, Menara Siger dilengkapi dengan tulisan penanda Titik Nol Pulau Sumatera. Menara Siger dengan warna emas itu dilengkapi ruangan tempat wisatawan melihat Pelabuhan Bakauheni serta keindahan panorama laut dan alam sekitarnya.


 Teluk Kiluan


Teluk Kiluan terletak di Propinsi Lampung, yang terkenal dengan banyaknya lumba-lumba, ikan paus disekitaran Teluk Kiluan. Daerah ini juga terkenal dengan keindahan alam dan surga bagi para pemancing handal. Setiap tahun diadakan lomba memancing di Teluk Kiluan yang diikuti oleh master-master pemancing seluruh Indonesia. Dan masih banyak pesona-pesona yang ditawarkan bila anda berkunjung.



Makanan khas lampung

Sekubal

Biasanya di saat hari raya, baik Idul Fitri maupun Idul Adha, dan di saat-saat pesta budaya masyarakat Lampung seperti 'Cakak Pepadun', perkawinan, sunatan, dan acara-acara budaya lainnya. Makanan khas daerah biasanya keluar dihidangkan untuk tamu-tamu agung
Bagi wisatawan yang ingin menikmati makanan khas tersebut, dapat memesan di sejumlah toko kue dan makanan yang tersebar di Bandar Lampung

SERUIT

 

Seruit di sini tentu saja bukan komunitas para blogger lampung dong , ya for your information seruit itu adalah nama makanan khas lampung. mungkin sebagian besar sudah mengetahui ,mengenal, atau hanya pernah mendengar  nama makanan ini. tapi apakah kalian tau bagaimana yang disebut seruit? dalam bayangan kalian seruit itu pasti ikan yang dicampur dengan sambal? is that true? sebenarnya pernyataan itu salah. kalau seruit yang asli lampung ,sebenarnya ialah campuran minimal 4 bahan utama:

a.sambal terasi

b.ikan

c.pengental "biasanya menggunakan terong

d.air atau bisa dengan kuah pindang
selebihnya bisa di fariasikan dengan tempoyak "durian yang telah terfermentasi"dsb


souvenir khas lampung

toko oleh-oleh yen-yen

Toko oleh-oleh yang berlokasi di daerah Gudang Garam ini, tersohor dengan keripik pisang dan sambal home madenya yang lezat. Keripik pisang Yen-Yen ini sangat digemari karena rasanya gurih dan renyah.
Tersedia dalam empat rasa, yaitu asin, manis, coklat, dan keju. Ada pula sambal goreng udang, lempok durian, emping pedas manis, kopi Lampung, dodol durian dan lain sebagainya. Memenuhi selera Anda, Toko tersebut siap melayani dengan cuma-cuma.


KAWOZ


selain makanan, tempat wisata, lampung juga memiliki ciri khas lain. Kawoz Demon (KD), T-shirt khas Lampung diharapkan mampu menyaingi merek-merek kaos oblong terkenal lainnya Kawoz Demon berasal dari bahasa Lampung yang berarti Kaus Cinta. Kawoz Demon Lampung mempunyai empat desain awal dan sebuah desain khusus.


sumber : www.google.com

keyword : sejarah lampung, wisata lampung, makanan khas lampung, oleh-oleh khas lampung.visit lampung.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar